MoA FAKULTAS TEKNIK UNMER MALANG
DENGAN IMAJINER ARSITEK

ABDIMAS PRODI TEKNIK ELEKTRO : ELEKTRO GOES TO SCHOOL
17 January 2023

Dalam rangka pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara mandiri, Prodi Arsitektur Fakultas Teknik menyelenggarakan program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dengan mitra Biro Imajiner Arsitek.

Diawali dengan pengiriman mahasiswa melalui Praktik Kerja Profesi (PKP) selama 6 (enam) bulan, dilanjutkan Seminar PKP dan dipuncaki dengan penandatanganan MoA pada hari Selasa, 17 Januari 2023. Imajiner Arsitek yang dipandegani oleh Arsitek Akhmad Fatah Yasin, IAI (Afys), adalah studio perencana atau lebih tepatnya sebagai biro arsitek yang bertempat di kota Batu, Jawa Timur, Indonesia. Imajiner Arsitek memiliki pengalaman pekerjaan profesional dalam bidang perencanaan dan pelaksanaan mulai dari rumah sederhana, interior, lanskap sampai bangunan sosial dan komersil (https://imajinerarsitek.id/about/).

Biro arsitek ini  telah berpengalaman menangani klien dari seluruh penjuru nusantara dan beberapa kali memenangkan sayembara maupun lomba karya arsitektur di tingkat regional hingga nasional. Kaprodi Arsitektur, Dr.Ir. Erna Winansih, MT. yang memandu sesi seminar PKP menyampaikan rasa terima kasih kepada Biro Imajiner Arsitek yang telah menerima, membimbing dan menggembleng mahasiswa arsitektur FT Unmer untuk ikut terlibat dalam proyek-proyek biro selama kurun waktu 6 (enam) bulan magang. Founder dan owner Biro Imajiner Arsitek, Ar. Akhmad Fatah Yasin, IAI yang akrab dipanggil Afys, menyatakan bahwa misi biro yakni menjadikan IMAJINER ARSITEK sebagai wadah untuk menuangkan ide kreatif dalam berarsitektur dengan merujuk pada seni, langgam dan sosial budaya. Biro menerima mahasiswa arsitektur dari berbagai kampus untuk magang selama enam bulan. Setelah berproses, mahasiswa yang telah mengikuti magang diharapkan telah siap untuk bekerja di dunia profesional sebagai seorang arsitek, termasuk mahasiswi prodi Arsitektur FT Unmer Malang bernama Tyastuti Cahyani Pancaputri yang telah menyelesaikan magangnya dan melakukan presentasi hasil magang di depan forum seminar PKP. Pak Afys menegaskan bahwa Tyas, panggilan akrab mahasiswi tersebut, telah siap untuk bekerja.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Agus Suprapto, M.Sc., Ph.D., IPM., yang diwakili oleh Wakil Dekan 1, menginformasikan bahwa MoA Fakultas Teknik dengan Biro Imajiner Arsitek ini adalah MoA kedua pada tahun 2023 yang ditandatangani. Mata kuliah dan seminar PKP di prodi Arsitektur dapat menjadi capstone design yang menjadi ciri penting dalam kurikulum prodi yang berbasis OBE (outcome based education).