Sosialisasi dan Curah pendapat Pengembangan TIC

Rapat Pertama Technopreneur & Innovation Center FT
7 May 2021
Alumni Fakultas Teknik UNMER Malang Kembali Ke Kampus, Beri Suntikan Motivasi Wirausaha Berbasis Teknologi
10 June 2021
Spread the love

Pada penghujung bulan Mei, 31 Mei 2021 pada pukul 10.00 WIB dilaksanakan rapat Koordinasi Technopreneur and Innovation Center (TIC) bersama pada pejabat struktural di Lingkungan Fakultas Teknik Unmer Malang. Kegiata ini merupakan kegiatan sosialisasi dan curah pendapat pengembangan TIC dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Rapat koordinasi dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Agus Suprapto., MSc. Ph.D. Dalam sambutannya, Prof Agus menekankan pentingnya Technopreneur di FT sebagai untit yang mengimplementasikan muatan Jiwa Kewirausahaan dalam pengembangan inovasi penelitian. Hal ini dikaitkan dengan VISI Universitas Merdeka Malang; “Menjadi universitas terkemukan dalam menyia[kan SDM seutuhnya yang berjiwa wirausaha pada skala Nasional dan Internasional pada tahun 2035”. Harapannya kedepan unit ini harus mampu meningkatkan kegiatan penelitian inovatif yang menjadi ruh pengembangan kegitan-kegiatan wirausaha yang berbasis teknologi terkini.

Ketua TIC, Prof. Respati Wikantiyoso memaparkan tentang Visi, Misi, Pengembangan TIC untuk kurun 10 tahun mendatang. Misi Unit TIC mencakup: (1) Menyelenggarakan tatakelola Technopreneur and Innovasi Center (TIC) yang profesional dalam pelayanan pengembangan penelitian inovasi dan wirausaha berbasis inovasi tehnologi bagi Civitas Akademika Fakultas Teknik Unmer Malang, untuk menumbuh kembangkan budaya kolaborasi penelitian pengembangan antar program studi berkompeten dibidangnya, berjiwa wirausaha, dan berdaya saing internasional; (2) Mewujudkan Unit yang mampu mengemban tanggung jawab untuk membantu para peneliti Fakultas Teknik UNMER menyalurkan penemuan ilmiah mereka secara efisien ke pasar yang relevan, melalui kemitraan Penthahelix stakeholder terkait.; (3) Memfasilitasi kegiatan Penelitian Inovasi, Pengembangan Technopreneur serta Publikasi Ilmiah untuk mendorong peningkatan citra dan reputasi Fakultas Teknik Unmer Malang; (4) Menciptakan suasana akademik, khususnya di bidang penelitian pengembangan melalui inovasi hasil penelitian dengan aplikasi praktis dan relevansi sosial guna memberikan solusi masalah lokal, regional dan nasional yang berwawasan global; (5) Menjalin kemitraan Penthahelix (Perguruan Tinggi, DUDI, Pemerintah, Masyarakat, serta Media Massa) dalam rangka mensinergikan antara TIC dengan institusi lain di dalam dan luar negeri dengan prinsip kesetaraan, untuk mewujudkan institusi TIC yang memiliki reputasi nasional dan internasional pada tahun 2031.

Pada bagian akhir paparan disampaikan tentang program kegiatan jangka pendek, Jangka Menengah dan jangka Panjang. Pengembangan Technopreneurship mengasah kemampuan soft skill Civitas yang mengarah pada pembentukan sosok yang cerdas, inovatif, teknologi minded, berani mengambil risiko, dan berjiwa wirausaha. Inovasi Teknologi yang banyak dikembangkan antara lain artificial intelligence, augmented reality, blockchaine, the internet of things, 3D printing, big data, cloud computing, dan masih banyak lagi. Walaupun demikian basis teknologi lainnya juga menjadi bagian dalam pengambangan Technopreneur adn pusat inovasi FT Unmer Malang (Sumber).