Menjalin Riset Bersama dengan Kappa Carrageenan Nusantara

Hadirkan Para Praktisi, Mahasiswa Teknik Sipil UNMER Malang Dalami Sistem Pondasi Bendungan Serta Pengadaan Barang dan Jasa
19 June 2021
Penandatanganan kerjasama Dekan FT Unmer dg Dekan FT Unitri utk pelaksanaan hibah MBKM Prodi Teknik Sipil..
25 June 2021
Spread the love

Malang, 21 Juni 2021. Fakultas Teknik Unmer Malang melaksanakan kegiatan Kunjungan ke PT. Kappa Carrageenan Nusantara Pasuruhan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari acara Kuliah Tamu “Technopreneurship” dan Penandatanganan kerjasama antara Fakultas Teknik Unmer dengan PT. Kappa Carrageenan Nusantara. Kunjungan lapangan dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Agus Suprapto., MSc., Ph.D. beserta 5 dosen Fakultas Teknik. Dengan komitmen untuk mengembangkan “Technopreneurship”, kegiatan meningkatkan kerjasama dengan DUDI, selain untuk melaksanakan program MBKM kedepan, kegiatan ini juga bertujuan mengembangkan partner riset pengembangan dan Inovasi Civitas Fakultas Teknik. Walaupun kunjungan tersebut dilakukan 1 hari, tetapi sangat mencerahkan, dan menelorkan beberapa ide penelitian bersama yang dapat dikembangkan antara Dosen Fakultas Teknik dengan PT. Kappa Carrageenan Nusantara. Doktor Laksni Sedyowati yang mengikuti acra kunjungan menyatakan ada beberapa riset dan pengabdian yang akan dikembangkan sebagai kegiatan bersama dua pihak. Topik Riset dan pengabdian bersama diantranya; (1) Paving Block Limbah Porang; Solusi Bahan Bangunan Murah dan Ramah Lingkungan. (2) Pengabdian; desiminasi produk Bio-Stimulan Rumput Laut untuk Optimalisasi Produk Urban Farming. Produk yang dapat dikembangkan adalah Pupuk Organik dari kotoran sapi (dengan komposisi N 7-8%) bahan baku diperoleh dari balai inseminasi buatan, dicampur dengan hasil olahan cangkang telur (dengan komposisi P & K 1%), selanjutnya diaerasi untuk membuang zat yang tidak digunakan, dan ditambahkan bio-stimulan rumput laut untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman.

Menurut Bapak Aang Fajar Passa., SE., M.MI, Wakil Dekan 1 bidang akademik dan Kerjasama, dari kegiatan ini banyak yang dapat dikembangkan ke depan diantaranya:

  1. Riset terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan bersama antara Fakultad Teknik dengan PT. Kappa Carrageenan Nusantara yang tidak akan pernah kering. Fakultas dapat menjadi patner untuk memecahkan permasalahan riil yang dialami oleh pihak Industri.
  2. Hasil-hasil riset tersebut akan menjadi pengkayaan materi belajar mahasiswa, dan dapat dipublikasikan bahkan dapat dikomersialisasikan.
  3. Hasil-hasil riset diharapkan akan menjadi icon produk unggulan Fakultas Teknik, sebagai wujud kerjasama yang saling menguntungkan, serta dapat dikembangkan untuk “wadah” implementasi program2 MBKM bersama Mitra DUDI mealaui kegiatan magang mahasiswa, riset bersama dan lain-lain.
  4. Beberapa target produk yang diharapkan akan menjadi hasil bersama, berupa pengembangan motor hybrid dan inovasi bata ringan untuk proyek properti & CSR untuk pengembangan Urban Farming, dan sebagainya.

Pak Aang lebih lanjut menyatakan bahwa, produk unggulan hasil riset bersama kedua institusi diarahkan menjadi produk industri, yang dapat dikembangkan dan dikengelola Oleh TIC FT atau lembaga khusus berbadan hukum usaha yg dibentuk untuk itu, semoga (sumber).